Aneka Resep Obat Kuno dan Tradisional untuk Pria dan Wanita

Pengobatan tradisional kadangkala hasil pengobatannya agak lambat tapi bersifat konstruktif. Tetapi Banyak juga obat tradisional yang hasilnya cukup cepat.

Obat Kuno atau tradisional diutamakan untuk merawat untuk memelihara kesehatan. itu sebabnya para raja dijaman dulu mampu mengilir selir-selirnya yang berjummlah banyak tanpa kehilangan semangat atau vitalitas, tetapi bergairah penuh energik.
alat-alat yang dipergunakan untuk meramu atau meracik obat tradisional kebanyakan terbuat dari bahan-bahan tanah liat, ini menunjukan kekunoannya yang khas.

walau zaman sudah modern alat-alat tersebut tetap dipakai apa sebabnya ? ternyata dengan mempergunakan alat yang disebut gendok, maron dan sebagainya yang terbuat dari tanah liat yang dibakar, atau erus, sendok lumpang kayu; hasilnya lebih sedap dan aman. berbeda dengan alat-alat yang terbuat dari besi, alumunium atau kuningan.

perhatikan banyak orang mulai beralih kepada cara pengobatan tradisional, hal ini sebenrnya tidak aneh. Pada akhirnya orang lebih menyukai bukti nyata daripada sekedar promosi atau isapan jempol belaka. Banyak obat modern ditawarkan kepada masyarakat dan berkat kemajuan teknologi penawaran tersebut bisa menerobos seluruh lapisan masyarakat baik yang berada dikota maupun yang di desa . namun obat modern yang di olah secara canggih itu yang bahannya kebanyakan terbuat dari kimiawi, seringkali berdampak negatif karena effek sampingnya yang berbahaya itu sebabnya perhatian orang beralih kembali pada cara tradisional cara yang di anggap kuno tapi terbukti keampuhannya, bukan sekedar ampuh tapi juga aman.

Dibawah ini disebutkan petunjuk umum cara memetik tanaman obat tradisional, juga penyucian dan pengeringannya

WAKTU MEMETIK TANAMAN:

  • daun di kumpulkan sewaktu tanaman berbunga dan sebelum buah menjadi masak
  • bunga di kumpulkan sebelum atau segera setelah mekar
  • buah di petik dalam keadaan tuan.
  • biji diambil dari buah yang masak sempurna
  • akar,rimpang, umbi diambil sewaktu pertumbuhannya berhenti

Cara memetik tersebut diatas adalah secara umum, kadang-kadang ada pengecualian, Daun adakalannya hanya diambil pucuknya yang masih muda.

CARA MENCUCI DAN MENGERINGKAN TANAMAN

  • Bahan yang sudah dikumpulkan, segera di cuci bersih secepat mungkin (dapat dipakai berupa bahan segar).
  • Bila bahannya besar atau banyak mengandung air, dapat dipotong-potong seperlunya.
  • Pengeringan dapat dibawah langsung sinar matahari atau memakai pelindung. atau hanya diangin-anginkan ditempat yang teduh, atau di dalam ruangan pengeringan yang udarannya baik.

dengan adanya pengeringan ini maka kadar air tanaman bisa berkurang dan dapat mencegah terjadinya pembusukan oleh jamur atau bakteri, juga bisa tahan lama, mudah dihaluskan bila dijadikan serbuk sewaktu-waktu dapat dipergunakan.

PROSES PEMBUATAN OBAT/JAMU TRADISIONAL

  1. JAMUR CAIR : Bahan-diseleksi-dicuci bersih-diramu menurut kebutuhan-disiram air panas mendidih-ditumbuk-disaring-cairan jamu jadi siap minum.
  2. JAMU REBUSAN : Bahan -Diseleksi-dicuci bersih-diramu -direbus-disarin-cairan jamu siap minum

1 komentar

Unknown

aku mendukung berkembangnya pengolahan obat herbal

Post a Comment